Friday, August 3, 2018

Si Hijau Velvet Philodendron Gloriosum, Tips Membeli


Rimbun, sangat mencuri hati saya.
Warnanya yang hijau velvet/beludru, tulang daunnya yang menyala, bentuk yang menyerupai hati dan warna daun mudanya yang nge-pink, gloriosum si sederhana namun memukau.

Perawatannya tidak sulit, cukup ditempatkan di teduh namun terang/cukup cahaya matahari, tapi beberapa kawan masih aja ada yang kesulitan, dari daun menguning hingga tersisa bonggolnya saja.

Tanaman ini termasuk philodendron, sehingga tidak menyukai air terlalu banyak, kalau saya sih suka media tanam yang porous seperti yang didapat sejak dari penjualnya, sekam mentah dengan jumlah banyak dan sedikit unsur tanah, tinggal menambahi kotoran kambing sebagai nutrisi dan NPK daun jika diperlukan.

Yang ingin saya bagi di tulisan kali ini adalah tips memilih tanaman philo gloriosum. Sebetulnya berlaku juga untuk tanaman philo lainnya seperti plowmanii, monstera ataupun lainnya.



Tips memilih tanaman philo gloriosum dan yang sejenisnya:


  1. Pilihlah tanaman yang berdaun banyak, 2 atau 3 misalnya, kenapa? Karena philo-philo ini dari yang saya perhatikan, tumbuhnya satu daun baru yang disusul dengan wafatnya satu daun tua yang lainnya, adapun jika dia bertambah daunnya tanpa adanya kematian daun tua, biasanya karena faktor usia penanaman yang telah memakan waktu cukup lama atau faktor semakin berkembangnya akar/bonggol, nah jika Kawan memilih tanaman yang hanya memiliki 1 daun saja, silahkan dideskripsikan sendiri-sendiri ya... 
  2. Periksa perakaran dengan mengangkat batang tanaman, jika polibag ikut terangkat tanpa tanaman tercabut dari polibagnya artinya tanaman telah berakar, kenapa sampai begitu? Karena dulu saya pernah diberi bibit tanaman philo yang hanya memiliki satu daun saja yang ternyata baru dipotong dari indukannya alias belum memiliki akar, tapi tanaman sudah buru-buru dijual, wallahualam ya... ada banyak faktor, tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata saja


Saya rasa cukup 2 point di atas... jika ada info tambahan silahkan dilayangkan di kolom komentar...

Philodendron gloriosum cukup tahan juga menghiasi ruang di dalam rumah/indoor sampai beberapa hari, jangan lupa dijemur pagi ya... saya suka tanaman ini, si tahan banting dengan batang daunnya yang meliuk tinggi bagai leher jerapah, kece dan tidaklah mahal...

No comments:

Post a Comment

Hanya komentar yang sopan, tidak mengandung promosi dan tidak menyertakan link hidup saja yang akan di publis : ), mohon kirim komentar hanya 1x saja, komentar yang belum muncul disebabkan karena sedang menunggu ijin saya