Saturday, August 4, 2018

Sebaiknya Pemula Memilih Pot Tanah Liat


Ada yang kapok menanam tanaman hias daun? Sepertinya Anda terlalu mencintai tanaman Anda, sehingga terlalu besar perhatian dan curahan kasih sayang terhadap mereka.

Ada satu hal yang selalu dan sering sekali terdengar ketika kita senang dengan tanaman lalu dengan semangat yang berkobar menyirami setiap hari seakan salah jika kita alpa dengan harapan lekas tumbuh besar dan subur si tanaman kesayangan.

Itulah awal-awal saya dulu... ada yang seperti saya....?

Jika iya seperti itu, maka pot berbahan dasar tanah liat adalah yang wajib digunakan khususnya bagi pemula yang sering mewafatkan tanamanan kesayangannya.

Mengapa tanah liat? Karena pot berbahan dasar plastik tidak akan mampu menyerap kelebihan air di dalam media tanam seperti halnya pot dari tanah liat.

Kelebihan pot tanah liat/teracotta/gerabah adalah bahannya yang berasal dari tanah, sehingga memiliki banyak pori yang dapat dengan mudah menyerap kelebihan cairan di dalam media tanam.

Hal tersebut menjadikan perakaran tanaman lebih aman dan tidak lekas busuk sehingga tanaman menjadi lebih bahagia dan dapat tumbuh dengan lebih baik.

Saat ini sedang trend kembali digunakanya pot-pot berbahan dasar tanah liat dengan berbagai bentuk yang lucu dan unik, membuat tanaman semakin terlihat menawan dan sedap dipandang mata.

Sayangnya belum semua tempat menyediakan pot-pot dari tanah liat dengan penampilan yang kekinian sehingga memperolehnya pun tidak jarang kita harus membelinya secara online.

Jika memang diperlukan, siapkan saja pot tanah liat apa adanya, seperti halnya saya, di tempat saya berdomisili hanya dijual pot tanah liat yang dipergunakan untuk anggrek, dengan lubang udara yang terlalu banyak, sehingga saya siasati menutup lubang tersebut menggunakan selotip dari dalam potnya, tidak diasangka tanamanpun terlihat bagus dengan pot anggrek bulat.

Yuk... bertanam dan hijaukan rumah lagi...

No comments:

Post a Comment

Hanya komentar yang sopan, tidak mengandung promosi dan tidak menyertakan link hidup saja yang akan di publis : ), mohon kirim komentar hanya 1x saja, komentar yang belum muncul disebabkan karena sedang menunggu ijin saya